Jeruk Siam Banjar, Buah Lokal Kalsel yang Layak Untuk Diekspor | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Minggu, 09 Januari 2022

Jeruk Siam Banjar, Buah Lokal Kalsel yang Layak Untuk Diekspor

Sumber foto : dtph.banjarkab.go.id


Kabupaten Barito Kuala yang lahannya didominasi agroekosistem rawa pasang surut, memiliki keunggulan dari sisi ketersediaan air. Petani jeruk di Batola umumnya membudidayakan jeruk pada surjan atau tukungan yang dibuat petani mengunakan tanah disekitarnya. Dengan demikian, tanaman jeruk akan terhindar dari rendaman air sepanjang waktu.

Jeruk siam banjar, demikian biasanya disebut oleh masyarakat Kalsel. Memiliki kualitas yang baik dan layak untuk diekspor. Hasil penelitian tim peneliti BPTP Kalsel, menunjukkan bahwa jeruk siam Banjar Kab. Batola umumnya masuk grade B (rata rata bobot buah 110 gram, diameter >6cm). Jeruk siam banjar adalah keruk yang memiliki rasa manis menyegarkan. Kandungan total padatan terlaurt (TPT) Jeruk siam banhar rata rata > 10 0Brix, sehingga telah melebihi kadar minimum yang dipersyaratkan untuk ekspor. Karena ukurannya yang besar dan rasanya yang manis tersebut, buah jeruk siam Banjar umumnya dijual dalam bentuk segar untuk langsung dikonsumsi oleh masyarakat.

Bagaimana meningkatkan nilai jeruk siam banjar?

1. Salah satu hal yang bisa menambah nilai dari buah/sayur adalah dengan mengubahnya ke bentuk lain. Dalam hal ini, maka kita bisa menyebutka segala bentuk turunan dari jeruk. Sebut saja yang sudah lekat dengan olahan buah, seperti selai atau manisan.
2. agrowisata jeruk, konsepnya sama seperti agrowisata mangrove. Ikut kegiatan petani jeruk saat musim tanam dan panen atau mengolah jeruk menjadi produk turunan
3. Bibit jeruk sebagai cinderamata. Branding, bisa juga menjadi ikon kecamatan.
4. Bagi bagi jeruk ke sekolah. Misalkan setiap seminggu sekali selama panen. Sekolahnya dimana saja, bisa diluar kabupaten.
Sumber : www.kalsel.litbang.pertanian.go.id dan sasunduklawang.com
dari instagram @kabardaribanjar

Link tulisan asli : https://www.instagram.com/p/CSDM5ZGhsKU/

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner